Ternyata saya udah di usia itu yahh..

Kapan sih sebenernya kita disebut tua atau muda??

Kalo saya disuruh jawab, maka jawabannya adalah ketika kita berada di antara orang-orang yang lebih tua atau lebih muda dari kita. Saya umur 25 tahun, kalo lagi maen gundu bareng anak-anak SD yang biasa saya lewatin pas berangkat kantor di daerah Ceger Raya pasti saya dibilang tua. Lain lagi kalo misalnya saya arisan pengajian, ama bapak-bapak RT yang rata-rata udah beranak dua itu, jelas disebut masih muda lah saya. Jadi, soal yang satu ini memang jawabannya relatif.

Tapi, tua atopun muda, yang jelas umur pasti bertambah. Dan inilah yang membuat kita menjalani fase-fase tertentu yang membuat kita jadi bertambah dewasa. akhirnya saya tau bedanya arti bertambah tua dengan bertambah dewasa Contoh fase krusial yang hampir dialami setiap orang dalam hidupnya adalah:

  1. Masuk kuliah
  2. Lulus kuliah
  3. Kerja full time pertama kali
  4. Menikah
  5. Punya anak pertama

Nah, kelima fase di atas saya yakin membuat kita sedikit banyak kembali memaknai arti hidup dan peristiwa yang kita alami untuk kemudian mendapatkan sesuatu yang selanjutnya merubah kehidupan kita dalam jangka waktu cukup panjang. Ya, sekarang emang udah gak selalu urutannya seperti yang saya sebutkan sih. Hehe, gimana jadinya kalo dibalik dari no. 5 sampai ke no.1 ya? No. 1 dulu baru no.2 lah yang pasti.. J

Kekaguman saya dalam hidup singkat yang saya jalani ini adalah.. Kita gak pernah bisa ngebayangin gimana rasanya berada di masa-masa itu hingga kita benar-benar mengalaminya, bahkan untuk menyadarinya pun enggak. Saya sih gak bilang kalo ada orang yang gak sadar kalo dia udah menikah yee J Tapi yang saya alami adalah, saya sering bertanya pada diri sendiri.. “Ternyata gue udah setua di usia itu yah..”

Tempat saya kuliah, dulunya bukan yang saya idam-idamkan atopun saya rencanakan sejak jaman seragam putih-abu abu. Keputusan itu diambil beberapa hari aja setelah saya dinyatakan diterima di STAN maupun Teknik Informatika ITS Surabaya. Saya pun gak ngebayangin bener-bener bakalan lulus dari STAN dan bekerja jadi “Profesional yang PNS” di sini. 1 semester pertama di STAN, saya udah gak betah dan pingin hengkang ke Kampus Ganesha 10 nan menggoda waktu itu. ..oya, beberapa PIN saya aja sampe sekarang aja masih pake digit yang berbau identitas ITB itu saking ngidamnya kuliah disana.. Tapi lagi-lagi, rencana itu kandas di otak saya hari-hari menjelang UMPTN 2000.

Next, ketika disuruh trus dikasih duit dipekerjakan di kantor pertama kalinya pun saya gak nyangka kalo begini ini tho rasanya kerja.. Tiap hari!! Saya gak nyangka aja kok tiba-tiba udah jamannya saya harus kerja dan masuk kantor tiap hari ya? Ketika saya liat rekan-rekan kerja saya di sini dan di sini, saya makin baru ngeh kalo ternyata saya emang udah masuk menjadi angkatan kerja. Bintang film dan bintang iklan yang ada di TV dan yang ternyata udah banyak yang seumuran ama saya pun juga bikin saya tertegun baru mengerti kalo saya udah sampe di tahap itu.

Sekarang pun saya gak kebayang kalo akhirnya mengalami usia dimana udah ngerasa butuh perlu untuk menikah. Setelah berkali-kali gonta ganti pacar mengembara mencari dambaan hati dan gak kepikir gimana caranya saya suatu hari nanti memutuskan pengen married, akhirnya ngalamin juga sekarang. Efek dorongan dari lingkungan memang ada sih. Temen-temen saya banyak yang menikah begitu lulus kuliah, jadinya saya makin merasa berkurang aja sesama jomblo di desa Jakarta lingkungan saya ini. Tapi sungguh saya gak nyangka udah sanggup berkata “Yuk, kita nikah ya say..” kepada dia.

Saya cuma berharap, The Almighty selalu menjaga saya untuk tidak dengki, ambisius atau bernafsu melihat kesuksesan maupun kondisi yang telah diraih orang-orang seumuran saya termasuk orang-orang muda yang telah menjadi selebis jagad blog karena hidup ini sungguh sebuah perjalanan unik yang diciptakan Dia tanpa bisa ditebak kemana akan berujung.

One thought on “Ternyata saya udah di usia itu yahh..

  1. iyah..selama mencapai umur yg sekarang ini, banyak hal yang terjadi diluar dugaan. dan ternyata itulah yang terbaik, alhamdulillah..
    password saya ketika down “bahwa skenario Allah itu indah”

    btw, dari 5 fase yg tertulis diatas saya baru mengalami yg no 1 berarti normalnya msh ada 4 fase lagi yah..^-^

Leave a Reply

